Jumat, 15 Maret 2013

Analisis & Perencanaan Sistem Informasi

Dalam tulisan saya kali ini saya akan mencoba untuk share mengenai pembuatan program Android pada mata kuliah Ilmu Manusia dan Komputer.

Waktu itu kami (kelompok) ditugaskan untuk membuat program Android, akhirnya kami membuat program Kekayaan Alam Indonesia, dimana program ini akan mambantu kita untuk mengetahui budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Project ini dimulai dengan membuat UML, Algoritma dan Mockup yang pada waktu itu menggunakan Prototyper (yang Free Edition tentunya :P )

Oiya, sebelum saya membahas lebih jauh mengenai proses pembuatan program ini, ada baiknya saya share juga apa sih IMK itu?. IMK mempunyai kepanjangan Ilmu Manusia dan Komputer, dimana bersatunya ilmu-ilmu pengetahuan (antara lain: matematika, psikologi, sosiologi, hokum, dlsb.) yang saling melengkapi  untuk membuat suatu rancangan agar sesuai dengan si pemakai atau dengan kata lain agar hasilnya sesuai dan nyaman dipakai oleh si pemakai.

Jadi dalam tahap membuat sebuah program bukan hanya sekedar program itu dapat beroperasi, namun juga diperhatikan desain, efektifitas dan efisiensi dari program tersebut, sehingga diharapkan si pemakai dapat dengan nyaman dan mudah (user friendly) dengan program yang kita buat.
Oke…, saatnya kita bahas suka dan duka dalam membuat program untuk handphone Android ini.
  1. Bingung
    Inilah yang pertama kali saya rasakan (mungkin baru pertama kali dalam membuat program ya :D ), mencari referensi baik itu dari google, buku-buku panduan maupun tanya-tanya temen.
  2. Membuat Desain dengan coret-coretan tangan
    Mungkin ini pertama kalinya otak saya mulai bisa mengikuti apa itu Algoritma, hehe…
    Ternyata Algoritma itu enak lho jika sudah mulai sedikit-sedikit mengerti, mungkin semua hal jika sudah mulai mengerti juga begitu kali ya… haha….
  3. Membuat desain dengan program Prototyper
    Pertama saya ngga tau cara pakai program ini, ternyata setelah klik sana-sini cukup mudah, hanya dengan masukkan gambar dan bikin link aja sama bikin urutan langkah-langkahnya, setalah itu hasil dari mockup ini bisa kita preview lho (mungkin kalau di power point, slide show)
  4. Coding
    Huaaa,….
    Bagian ini yang bener-bener sulit (untuk saya), pada waktu itu kami menggunakan eclipse untuk membuatnya, syntax ini bla..bla..bla... semua energi dan pikirin dibutuhkan khusus disini agar bisa konsen.
  5. Compile ke apk
    Taraaaaa,….
    Jadi juga akhirnya program yang dimaksud, file hasil compile transfer ke handphone Android, setelah itu langsung install, ternyata filenya ngga mau di install (hmmm…. Salah dimana ya?), liat lagi pelan-pelan sebelum coding di compile, ternyata ada kesalahan versi Android yang kami gunakan
Tentunya membuat program tidak semudah yang saya ceritakan seperti diatas, banyak gagalnya dibanding berhasilnya, tapi sekali program itu bisa berhasil digunakan, waaah... rasanya senang sekali.  Semoga share ini bisa menambah pengalaman saya dan teman-teman agar selalu menjaga semangat dan konsentrasi dalam membuat suatu project.

0 komentar:

Posting Komentar