Jumat, 14 Oktober 2011

Perubahan dan Perkembangan Organisasi


PERUBAHAN INTERN
Faktor penyebab terjadinya perubahan dibedakan jadi dua, yaitu:
Lingkungan Intern, antara lain:
a.       Perubahan kebijakan pimpinan
b.      Perubahan tujuan
c.       Perluasan wilayah operasi tujuan
d.      Volume kegiatan bertambah banyak
e.      Sikap & perilaku dari para anggota organinsasi

PERUBAHAN EKSTERN
Lingkungan Ekstern
a.       Politik
b.      Hukum
c.       Kebudayaan
d.      Teknologi
e.      Sumber Daya Alam
f.        Demografi
g.       Sosiologi

PERUBAHAN INTERN/EKSTERN
Sikap organisasi dalam menghadapi terjadinya perubahan lingkungan intern/ ekstern, yaitu :
a.       Mengadakan perubahan struktur organisasi
b.      Mengubah sikap & perilaku pegawai
c.       Mengubah tata aliran kerja
d.      Mengubah peralatan kerja
e.      Mengubah prosedure kerja
f.        Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.

Proses perubahan, yaitu:
1.       Mengadakan pengkajian
2.       Mengadakan identifikasi
3.       Menetapkan perubahan
4.       Menentukan strategi
5.       Melakukan evaluasi


PROSES PERUBAHAN ORGANISASI
Ada beberapa tahapan dari proses perubahan suatu organisasi, contoh :
1.       Karena ada tekanan & desakkan, dimana yang dimaksud di sini adalah, tekanan & desakkan dari pihak luar atau dalam untuk mengembangkan suatu organisasi agar mau berkembang dan berjalan lebih maksimal.
2.       Interfrensi & Reorientasi biasanya melibatkan orang lain untuk mengelola, dimana dibutuhkan pengenalan kembali agar mengingatkan apa yang telah dicapai dan apa yang masih harus menjadi misi untuk mencapai visi suatu organisasi tersebut.
3.       Diagnosa & Pengenalan masalah, dimana di sini berusaha ditemukan, apa yang menjadi sebab, dana mengakibatkan apa, serta bagaimana cara Organisasi tersebut memecahkan suatu masalah dengan baik.
4.       Penemuan & Komitmen dari penyelesaian, setelah menemukan suatu hal yang baru terhadapa penyelesaiaan masalah, maka akan didaptkan komitmen baru, dimana harus dijalankan, agar seseuatu kegagalan di masa lampau tidak terulangi lagi di masa depannya.
5.       Percobaan & penerimaan hasil, dimana setelah kita melakukan percobaan suatu yang baru, kitapun harus dapat menerima hasilnya, dan mereview kembali agar kita mengetahui dimana cacatnya suatu cara tersebut dan memodifikasi kembali agar perubahan itu menjadi lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan.


PENGEMBANGAN ORGANISASI (P.O)
Ciri-ciri pengembangan organisasi, antara lain:
·         merupakan usaha yang dilakukan secara berencana
·         mencerminkan suatu proses yang berlangsugn terus-menerus
·         berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan
·         merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi
·         merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi, dsb

METODE PENGEMBANGAN ORGANISASI (P.O)
1.       Metode pengembangan Org:
  • Jaringan manajerial
  • Latihan kepekaan
  • Pembentukan tim
  • Umpan balik Survai
 2.        Metode Pengembangan Keterampilan & Sikap
  • Latihan ditempat kerja
  • Latihan instruksi kerja
  • Latihan diluar tempat kerja
  • Latihan ditempat tiruan

Rangkuman

Organisasi sebagai suatu bentuk kehidupan dalam masyarakat juga mengalami perubahan, karena organisasi juga harus selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan.
Pengembanganorganisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen.
Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk meningkatkan evektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar