PERUBAHAN
INTERN
Faktor
penyebab terjadinya perubahan dibedakan jadi dua, yaitu:
Lingkungan
Intern, antara lain:
a.
Perubahan kebijakan pimpinan
b.
Perubahan tujuan
c.
Perluasan wilayah operasi tujuan
d.
Volume kegiatan bertambah banyak
e.
Sikap & perilaku dari para anggota
organinsasi
PERUBAHAN
EKSTERN
Lingkungan
Ekstern
a.
Politik
b.
Hukum
c.
Kebudayaan
d.
Teknologi
e.
Sumber Daya Alam
f.
Demografi
g.
Sosiologi
PERUBAHAN
INTERN/EKSTERN
Sikap
organisasi dalam menghadapi terjadinya perubahan lingkungan intern/ ekstern,
yaitu :
a.
Mengadakan perubahan struktur organisasi
b.
Mengubah sikap & perilaku pegawai
c.
Mengubah tata aliran kerja
d.
Mengubah peralatan kerja
e.
Mengubah prosedure kerja
f.
Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar
personel.
Proses
perubahan, yaitu:
1.
Mengadakan pengkajian
2.
Mengadakan identifikasi
3.
Menetapkan perubahan
4.
Menentukan strategi
5.
Melakukan evaluasi
PROSES
PERUBAHAN ORGANISASI
Ada beberapa
tahapan dari proses perubahan suatu organisasi, contoh :
1.
Karena ada tekanan & desakkan, dimana yang
dimaksud di sini adalah, tekanan & desakkan dari pihak luar atau dalam
untuk mengembangkan suatu organisasi agar mau berkembang dan berjalan lebih
maksimal.
2.
Interfrensi & Reorientasi biasanya
melibatkan orang lain untuk mengelola, dimana dibutuhkan pengenalan kembali
agar mengingatkan apa yang telah dicapai dan apa yang masih harus menjadi misi
untuk mencapai visi suatu organisasi tersebut.
3.
Diagnosa & Pengenalan masalah, dimana di
sini berusaha ditemukan, apa yang menjadi sebab, dana mengakibatkan apa, serta
bagaimana cara Organisasi tersebut memecahkan suatu masalah dengan baik.
4.
Penemuan & Komitmen dari penyelesaian,
setelah menemukan suatu hal yang baru terhadapa penyelesaiaan masalah, maka
akan didaptkan komitmen baru, dimana harus dijalankan, agar seseuatu kegagalan
di masa lampau tidak terulangi lagi di masa depannya.
5.
Percobaan & penerimaan hasil, dimana setelah
kita melakukan percobaan suatu yang baru, kitapun harus dapat menerima
hasilnya, dan mereview kembali agar kita mengetahui dimana cacatnya suatu cara
tersebut dan memodifikasi kembali agar perubahan itu menjadi lebih baik dan
sesuai dengan yang diharapkan.
PENGEMBANGAN
ORGANISASI (P.O)
Ciri-ciri
pengembangan organisasi, antara lain:
·
merupakan usaha yang dilakukan secara berencana
·
mencerminkan suatu proses yang berlangsugn
terus-menerus
·
berorientasi masalah organisasi yang harus
dipecahkan
·
merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi
·
merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan
yang terjadi diluar organisasi, dsb
METODE
PENGEMBANGAN ORGANISASI (P.O)
1.
Metode pengembangan Org:
- Jaringan manajerial
- Latihan kepekaan
- Pembentukan tim
- Umpan balik Survai
2.
Metode
Pengembangan Keterampilan & Sikap
- Latihan ditempat kerja
- Latihan instruksi kerja
- Latihan diluar tempat kerja
- Latihan ditempat tiruan
Rangkuman
Organisasi sebagai suatu bentuk kehidupan dalam masyarakat juga
mengalami perubahan, karena organisasi juga harus selalu menyesuaikan dengan
perubahan-perubahan yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena
organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan.
Pengembanganorganisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan
organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai
fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen.
Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan
secara berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk
meningkatkan evektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas
dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar