Jumat, 01 April 2011

Ilmu Budaya Dasar

1.1. PENGERTIAN, TUJUAN ISD DAN IPS

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitamya. Dengan demikian, diharapkan seluruh aspek masyarakat dapat memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungan sosialnya. Dengan kepekaan sosial yang dimilikinya, masyarakat diharapkan memiliki kepedulian sosial dalam menerapkan ilmunya di masyarakat.

Tujuan ISD adalah agar seluruh aspek masyarakat termasuk mahasiswa dapat memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungannya dan membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar dapat memproses wawasan penalaran yang lebih luas dengan ciri-ciri kepribadian yang baik.

Pengelompokan Ilmu Pengetahuan
1. Ilmu Alamiah Dasar
2. Ilmu Sosial Dasar
3. Ilmu Budaya Dasar


1.2. ISD dan IPS
Perbedaan ISD dan IPS

ISD, diberikan/dipelajari di Perguruan Tinggi sebagai Ilmu Sosial dalam bersosialisasi di masyarakat
IPS, diberikan/dipelajari di Sekolah-sekolah (SD, SMP, SMU) sebagai bahan ajar Ilmu sosial yg isinya mencakup pengetahuan dalam aspek pancasila, kewarganegaraan, sejarah, geografi dan ekonomi.

Persamaan ISD dan IPS
- Sama Pelajaran yg membahas ilmu bersosialisasi di kehidupan sekitar dalam bermasyarakat.


1.3. Ruang Lingkup ISD

3 Golongan Bahan Pelajaran ISD
a. kenyataan-kenyataan sosial yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
b. konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
c. masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar